Belajar Online Efektif atau Tidak? Berikut Plus & Minus-nya

Lodys Aura

Lodys Aura

Belajar Online Efektif atau Tidak? Berikut Plus & Minus-nya

Sekolah dan kuliah online kini dianggap sebagai opsi yang paling tepat untuk menekan angka penularan Covid19 di lingkungan sekolah dan kampus. Masa pandemi ini seakan memaksa para siswa dan mahasiswa belajar secara online dari rumah masing-masing. Meski telah disepakati dan bahkan telah diputuskan oleh Kemendikbud RI, opsi ini rupanya menuai kontroversi. Sebagian menyatakan setuju dengan opsi ini, sebagian lainnya tampak kurang setuju karena beberapa faktor. Lantas, belajar online efektif atau tidak?

Belajar Online Efektif atau Tidak

Belajar Online Efektif atau Tidak

Mengukur Efektivitas Pembelajaran Online

Berbicara soal efektivitas sistem pembelajaran online, tampaknya bisa dibilang masih belum optimal. Dari perspektif pengajar, misalnya, sistem pembelajaran semacam ini lebih cocok dan efektif untuk penugasan saja, sedang untuk menjadikan siswa memahami materi pelajaran kiranya masih sangat kurang efektif. 

Selain itu, ada faktor lainnya yang juga turut mempengaruhi efektivitas sistem pembelajaran online. Sebut saja faktor yang paling signifikan adalah soal kemampuan ekonomi dan teknologi tiap siswa yang tentunya berbeda-beda. Tidak semua siswa memiliki fasilitas penunjang pembelajaran online. Masih banyak siswa yang tidak memiliki gawai yang mumpuni, koneksi internet yang cepat, dan kuota internet yang harganya tak murah. 

Aturan dan Kebijakan Sekolah Terkait Pembelajaran Online

Meski mengalami kendala, kegiatan belajar online terus dijalankan. Bahkan tiap sekolah dan kampus menetapkan kebijakan masing-masing terkait dengan peraturan dan pelaksanaan kegiatan belajar online. Misalnya saja ada sekolah yang rela mengubah jadwal materi pelajaran dan disesuaikan dengan siswa setiap harinya.  Dalam sehari, misalnya, hanya ada 3 mata pelajaran saja plus latihan soal atau penugasan yang wajib diselesaikan oleh para siswa di hari yang sama. 

Ada juga sekolah yang tidak memfokuskan kegiatan pada penyampaian materi, melainkan menggantinya dengan peningkatan dan pengasahan soft skill yang dinilai jauh lebih bermanfaat di masa pandemi ini. Misal dengan meminta siswa untuk membantu orang tua mengerjakan kegiatan bermanfaat di rumah. 

Baca juga: 5 Kendala Implementasi Pembelajaran Daring

Bantuan Aplikasi Penunjang Pembelajaran Online

Belajar daring atau online memang sangat terbantu dengan adanya sejumlah pilihan aplikasi penunjang. Sebut saja aplikasi yang paling terkenal adalah Zoom. Aplikasi ini dinilai sangat efektif untuk dijadikan sebagai mediator kegiatan belajar-mengajar secara online. Aplikasi Zoom dan aplikasi-aplikasi sejenisnya memberikan kesempatan kepada tenaga pengajar alias guru atau dosen untuk melakukan interaksi aktif kepada para siswa atau mahasiswa. Pihak siswa ataupun mahasiswa juga diwajibkan untuk turut aktif selama mengikuti kegiatan sekolah atau kuliah online. 

Sayangnya, dalam implementasinya, sistem pembelajaran online ini memiliki potensi untuk gagal dalam pencapaian target kurikulum yang sudah ditentukan. Hal ini dibuktikan dari banyaknya guru dan dosen yang menunjukan rasa pesimistis mereka akan pencapaian target kurikulum yang kemungkinan sulit didapatkan akibat keterbatasan waktu. 

Sulitnya Capai Target Kurikulum Selama Pelaksanaan Pembelajaran Online

Target kurikulum sulit dicapai selain karena terbatasnya waktu, ada juga faktor lainnya yang sangat berpengaruh. Misal jadwal ujian yang ditunda hingga vaksinasi Corona dilaksanakan. Rasa-rasanya akan sulit jika ujian dilaksanakan secara daring. Namun kenyataannya, ujian semester tetap dijalankan secara online. 

Melihat sulitnya pelaksanaan pembelajaran online, Kemendikbud menetapkan jalan tengah melalui pemberian kemudahan penilaian. Misalnya dengan menyertakan nilai-nilai siswa di semester-semester sebelumnya sebagai pertimbangan dalam memberikan nilai ujian siswa. 

Memang serba sulit ya kawan. Ada atau tidak adanya pembelajaran online tampaknya tetap menjadi sebuah dilemma. Di academia.co.id, ada bahasan menarik lainnya yang terkait dengan topik yang sama. Kamu bisa mengakses situs tersebut jika penasaran dengan bahasan-bahasan seputar pembelajaran online. 

Comments are disabled.