[Baru] 4 Cara Membuat Kamar Kos Kedap Suara Termudah

Bagi kamu yang saat ini bekerja sebagai influencer atau lainnya yang menghasilkan suara cukup bising, pastinya sering khawatir suara tersebut mengganggu tetangga kos jadi tidak nyaman. 

Namun tenang saja, pada kesempatan kali ini, kamu akan memahami bagaimana cara membuat kamar kos kedap suara agar tidak membuat kebisingan. Setelah mencari kosan melalui idKos, kamu bisa memikirkan desain yang pas agar tidak menghasilkan suara yang mengganggu orang di sekitar.

Bagaimana Cara Membuat Kamar Kos Kedap Suara?

Bisa dibilang, kosan adalah tempat paling nyaman bagi pemiliknya. Sepulang dari universitas atau dari bekerja seharian yang membuat lelah, berbaring di tempat tidur kost adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. 

Yup, di mana lagi seseorang dapat melakukan aktivitas kesenangannya kalau bukan di kamar pribadinya sendiri, bukan begitu? 

Maka dari itu, sang penghuni lah yang bisa menciptakan kenyamanan di dalam kamarnya sendiri, termasuk dengan meredam suara jika sewaktu-waktu ia memutar lagu dengan volume kencang, atau merekam suara dan video untuk keperluan konten kerja. 

Langsung saja, yuk simak beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredam suara yang bising di dalam kosan!

1. Tambahkan Rak Buku-Buku

Salah satu cara paling efektif untuk membuat ruangan kedap suara adalah dengan menggunakan rak buku. Meski kamar kost tidak besar, rak buku yang memanjang dari dinding hingga langit-langit dapat membantu menghalangi suara dari luar dan dalam kamar. 

Rak buku ini juga sangat berguna untuk menata buku-buku kuliah dan kerja kamu, kan? Namun apabila kamu tidak memiliki banyak buku untuk menutupi sebagian besar celah dingin, kamu bisa menghias dengan barang-barang lain seperti bingkai foto, vas bunga, boneka, piala dan dekorasi lainnya.

2. Tutup Celah dengan Door Seal

Cara membuat kamar kosan kedap suara adalah dengan mengisi semua celah pada ruangan, pintu dan jendela menggunakan door seal. Benda tersebut berguna untuk menutup semua bukaan di pintu, terutama bagian bawah. 

Pilihlah bahan tebal untuk pengurangan suara yang efektif. Alat ini juga berguna untuk mencegah debu dan serangga masuk ke dalam kosan. 

Untuk kamu yang belum paham apa itu door seal, benda tersebut adalah ganjalan atau segel di bawah slot pintu untuk mencegah serangga dan kotoran. Segel pintu ada dua macam, ada yang berbulu dan ada yang berbentuk karet. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. 

3. Gunakan Karpet dan Pelapis Khusus

Karpet dan penutup dinding terbuat dari bahan yang lembut. Karakteristik ini memungkinkan karpet dan pelapis peredam suara. Seperti yang kita semua tahu, suara dapat memantul dari permukaan yang keras. Bayangkan sebuah kamar kost yang masih kosong harus memantulkan suara lebih keras setelah diisi. 

Namun apabila dengan membeli karpet atau selimut dinding khusus memberatkan Anda karena harganya terlalu mahal, cara lain untuk menciptakan kamar kos yang kedap suara  adalah dengan mencari keset karet yang bisa kamu beli dengan harga murah di toko lokal, toko khusus yang menjual barang-barang rumah tangga.

4. Gunakan Karpet Lantai

Karpet lantai bisa menjadi salah satu cara untuk membuat ruangan kedap suara. Dengan menutupi seluruh lantai dengan karpet yang lebih efektif daripada karpet kecil yang hanya kamu gunakan untuk tempat duduk. 

Selain mengurangi kebisingan, karpet ini juga mampu membuat ruangan kamar menjadi lebih nyaman. Karpet lantai  memiliki desain yang cukup tebal, kurang lebih 1 hingga 2 meter. Ini adalah bahan yang baik untuk pengedapan suara. 

Disarankan untuk menggunakan alas lantai di atas bantalan untuk tampilan kosan yang lebih menarik dan indah. Pilih pola karpet yang kamu suka dan pastikan berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa cara membuat kamar kos kedap suara versi situs kami. Kamu bisa melakukannya dengan mudah untuk membuat kamar kosan lebih indah dan tidak membuat bising suara yang mengganggu para tetangga sebelah. 

Baca Juga: 4 Jenis Bunga untuk Melamar Wanita dan Arti Filosofinya