Cara Mudah Mengatur Infrared Pada CCTV

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara setting infrared pada CCTV. Anda harus ingat bahwa selama CCTV menyala, infrared juga menyala. Baik itu dalam terang atau dalam gelap.

Fungsi infrared pada CCTV adalah untuk dapat mengambil gambar yang bagus walaupun dalam kondisi cahaya yang kurang. Bagus kan kalau infra merah itu ternyata tetap bersinar walaupun di sekitarnya cerah? Tentu saja jawabannya tidak. Hal ini karena CCTV terhubung langsung dengan modul IR-Cut.

Modul IR-Cur merupakan modul yang telah terhubung dengan docking lensa kamera CCTV. Dock lensa ini dilengkapi penutup kaca otomatis yang membuka dan menutup saat tegangan pemicu dikurangi. Saat IR-Cut menyala, jalur cahaya terhalang, menghasilkan gambar hitam putih.

Tentu saja, hasil gambar hitam putih ini tidak selalu bisa diharapkan ketika situasinya tidak terlalu berbahaya dan cahayanya masih dianggap cukup. Hal ini tentu saja menjadi masalah yang tidak boleh diabaikan. Anda harus segera memeriksa apa yang terjadi dengan infrared pada CCTV Anda.

Pemeriksaan Infrared Pada CCTV

Infrared Pada CCTV
Infrared Pada CCTV

Sensor Intensitas Cahaya

Perangkat ini berada di depan atau di depan dan merupakan bagian dari CCTV yang menentukan apakah infrared menyala atau tidak. Sensor ini berbentuk resistor cahaya yang biasa dikenal dengan LDR. Jika infrared pada CCTV Anda terus menyala meskipun tidak gelap, maka sensor ini bisa rusak.

Menangkal hal ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan melakukan vacuum cleaner saat alat ini berdebu. Alternatifnya, Anda juga bisa menggantinya dengan LDR baru. Sensor ini biasanya terletak di sebelah lampu infra merah, yang merupakan tanda bahwa infra merah menyala atau tidak.

IR Cut Filter

Kendala selanjutnya yang dapat membuat lampu infra merah tetap menyala adalah filter potong IR macet dan posisinya tertutup. Ketika filter IR-cut menutup lubang lensa, gambar yang muncul menjadi hitam putih secara otomatis. Sedangkan fungsi normalnya IR cut ini hanya akan menutup ketika menerima trigger dari LDR.

Penyebab kelebihan beban ini dapat memiliki beberapa penyebab. Yang pertama dapat disebabkan oleh drive IR-Cut yang macet, mencegahnya bekerja dengan benar. Alasan kedua adalah filter plastik melengkung dan tersangkut di celah rel IR-Cut.

Penyebab kedua biasanya akibat kamera yang panas. Bahan filter plastik ini akan meleleh dan kemudian melengkung. Atau bisa juga karena udara dan suhu lingkungan tempat CCTV dipasang. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti docking station lensa kamera.

Solusi Perbaikan Infrared Pada CCTV

Jika masalah yang Anda alami dengan pengawasan video Anda mirip dengan masalah di atas, Anda dapat menemukan akar penyebab kerusakannya terlebih dahulu. Pastikan apa akar masalahnya dan kemudian pilih solusi yang tepat. Sebagai saran, Anda dapat mengganti docking lensa kamera. Mengapa?

Karena docking ini merupakan bagian yang terpasang langsung pada IR cut filter, termasuk drive magnet. Oleh karena itu, kami dapat memberi Anda informasi tentang cara memperbaiki masalah CCTV infrared. Di mana infrared terus bersinar bahkan dalam cahaya terang dan tidak ada kekurangan cahaya.

Mahavision sebagai distributor cctv murah jakarta menyediakan paket pemasangan CCTV sesuai kebutuhan Anda secara profesional dengan kualitas terbaik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: Daftar 5 Klub Eropa Teratas dengan Hutang Terbanyak