Categories: Info

Keanggotaan Indonesia Battery Holding dan Implikasinya pada BUMN

Keanggotaan Indonesia Battery Holding tengah hangat dibincangkan akhir-akhir ini. PT Timah Tbk memang tak masuk dalam jajaran keanggotaan Indonesia Battery Holding (IBH). Dikenal juga dengan sebutan Indonesia Battery Corporation (IBC). Di mana, konsorsium BUMN tersebut terdiri dari Mining and Industry Indonesia, PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), serta PT Aneka Tambang (Antam) Tbk.

Mobil Listrik Tetap Digarap Meski Tidak Masuk Keanggotaan Indonesia Battery Holding

Meski tak masuk dalam keanggotaan Indonesia Battery Holding terkait proyek industri baterai kendaraan listrik, TINS tetap beri dukungan. Manajemen TINS mengaku akan turut mendukung salah satu upaya percepatan Proyek Strategi Nasional (PSN) tersebut.

Direktur Utama TINS, yakni Mochtar Riza Pahlevi menyampaikan, PT Timah tak termasuk dalam konsorsium proyek baterai. Namun, sudah pasti PT Timah akan tetap mendukung jika industri baterai nasional telah berjalan. Hal tersebut disampaikan Selasa (06/04).

Dukungan tersebut berwujud distribusi material pendukung. Baik solder maupun timah batangan yang dibutuhkan untuk pengerjaan kendaraan listrik dalam negeri. Mochtar Riza Pahlevi juga menyampaikan, dari segi timah pihaknya akan supply kebutuhan. Baik solder atau timah batangan. Prinsipnya, PT Timah akan senantiasa mendukung industri nasional.

Sejak tahun 2021 ini, emiten pertambangan milik pemerintah itu menargetkan produksi mencapai 30.000 ton bijih timah setiap tahunnya. Sedangkan, produksi logam mencapai 34.000 ton per tahun.

Baca juga: Blended Learning Method

Erick Thohir dan Mendag Lutfi Berkunjung ke China, Tawarkan Proyek Besar Baterai Listrik

Pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama bilateral terutama dengan beberapa negara. Delegasi Indonesia berkunjung ke Fujian, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Utusan Indonesia tersebut adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir. Ada pula Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi juga turut serta. Kabar kunjungan tersebut disampaikan secara langsung oleh Erick Thohir melalui akun media sosialnya.

Related Post

Menurut informasi, Mantan Bos tim Inter Milan tersebut tengah mengulas kembali materi yang akan disampaikan saat pertemuan bersama otoritas setempat. Erick mengatakan, sebelumnya, ia melakukan review kembali materi-materi yang akan disampaikan pada rapat. Tujuannya agar kegiatan berjalan lancar.

Erick sempat membocorkan agenda kerjasama bilateral antara Indonesia dengan beberapa negara mitra. Dalam kesempatan lain, ia pun mengutarakan pihaknya tengah berupaya untuk menggaet beberapa investor asing. Guna menjadi mitra IBH atau Indonesia Battery Corporation (IBC).

IBC sendiri baru diresmikan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada Jumat, pekan keempat bulan Maret 2021. Di mana, holding tersebut dipercayakan mengelola industri baterai untuk kendaraan listrik dalam negeri.

Holding tersebut terdiri dari MIND ID. Ada pula PT Pertamina, PT PLN, serta PT Aneka Tambang. Masing-masing kepemilikan saham sebesar 25%. IBH akan fokus pada rantai pasok atau value chain baterai listrik.

Tak hanya negara China, targetnya sejak bulan April tahun ini, delegasi akan berkunjung ke Amerika Serikat serta Jepang. Pertengahan April Menko, Menteri Badan Usaha Milik Negara serta Mendag, akan ke Amerika. Salah satunya guna melihat potensi dari kerjasama dengan pihak dari AS. Ada rencana mengunjungi negeri Jepang untuk bicara hal yang sama.

Saat ini, pemerintah Indonesia telah memfinalisasikan negosiasi bersama 2 produsen baterai di dunia. Di antaranya LG Chem Ltd serta Contemporary Amperex Technology. Kedua perusahaan tersebut sepakat menjadi mitra kerja dari IBC guna memproduksi baterai kendaraan listrik.

Demikian informasi seputar keanggotaan Indonesia Battery Holding dan proyek baterai kendaraan listrik.

Lodys Aura

Share
Published by
Lodys Aura

Recent Posts

Mengenal Tari Kecak Lewat Sejarah dan Fakta-Fakta Uniknya

Berbicara tentang Bali, maka harus sepaket dengan tari kecak di dalamnya. Siapa yang tidak tahu…

2 minggu ago

Instalasi Listrik Dengan Wago Pluggable Connector Vs Konvensional, Mana Yang Lebih Baik?

Instalasi listrik menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah proyek infrastruktur seperti bangunan…

2 bulan ago

Kenali Kepribadian Seseorang

Siapa saya? ini adalah pertanyaan penting bagi setiap individu. Jika seseorang meluangkan waktu untuk menggali…

2 bulan ago

Waspada Terhadap Agen Perjalanan Palsu

Agen Perjalanan Palsu - Kegembiaraan Anda saat menikmati liburan dapat terganngu karena ulah agen perjalanan…

4 bulan ago

emain Terbaik Liga Champions Musim 2020-2021, Siapa Dia?

Pemain Terbaik Liga Champions tentunya terdiri dari deretan nama-nama yang terkenal dengan kemampuannya yang menonjol.…

4 bulan ago

Peluang Bisnis Online di Masa Pandemi, Mudah dan Menguntungkan

Peluang Bisnis Online - Pandemi Corona atau COVID-19 tidak selalu menjadi ancaman bagi para ibu…

4 bulan ago