Info

Kelebihan dan Kekurangan Beton Ready Mix yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Beton Ready Mix yang Perlu Diketahui – Tidak ada satupun produk yang sempurna di bumi ini termasuk produk yang dibuat oleh mesin apalagi oleh tenaga manusia. Tentunya produk-produk tersebut masih ada kekurangan dan kelebihan begitu juga dengan produk Ready Mix. 

Pertanyaannya adalah apa kelebihan dan kekurangan dari material beton Ready Mix? Nah, sebelum menjawab tentang pertanyaan tersebut akan dijelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan material yang satu ini. 

Paling tidak pemilik proyek bisa membedakan antara material yang disebutkan di atas dengan partisi bangunan yang lain. Sehingga pemetaan kelebihan ready min dan juga kekurangannya menjadi lebih mudah. Ini uraian selengkapnya: 

Apa Itu Beton Ready Mix?

Sebelum membahas apa kelebihan Beton Ready Mix dan kekurangannya, kita akan membahas dulu apa itu beton ready mix. Ready mix adalah beton yang adonannya tidak dibuat secara manual oleh pekerja melainkan menggunakan alat khusus yang bernama Batching Plant. Para pekerja tinggal menuangkannya saja pada material bangunan yang akan menggunakannya. 

Jika dibaca dari pengertian di atas maka material ini bisa dikatakan sebagai adonan beton siap tuang yang saat ini mulai banyak digunakan. Terutama untuk pembangunan proyek skala besar seperti pembangunan pabrik, ruko maupun apartemen. 

Biasanya produk ini disediakan oleh perusahaan konstruksi tertentu yang memang basisnya untuk membantu pembangunan hunian. Sedangkan kriterianya adalah memiliki armada truck molen yang akan dijadikan pengangkut adonan ketika dikirimkan ke wilayah proyek. 

Kelebihan dan Kekurangan Ready Mix

Sudah dijelaskan di awal kalau produk adonan siap tuang memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebab tidak ada yang sempurna selama produk tersebut masih dibuat di dunia ini. 

Nah, di bawah ini akan dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dari adonan ini. Silakan disimak siapa tahu bisa menjadi penyemangat pemilik proyek untuk ikut menggunakan material yang cukup hits ini. Berikut kelebihan dan kekurangan yang dimaksud: 

Kelebihan Ready Mix

Kelebihan-kelebihan ready mix dari adonan siap tuang ini sejatinya untuk memberikan kemudahan kepada para pekerja. Karena keunggulan inilah yang membuat produk ini lebih disukai dibandingkan adonan yang dibuat secara manual. 

Di bawah ini ada beberapa kelebihan yang lebih lengkap yang bisa dijadikan motivasi Anda. Harapannya semoga dengan keunggulan tersebut Anda lebih tertarik untuk menggunakan partisi. Ini kelebihan yang dimaksud: 

1. Kelebihan Pertama : Beton Lebih Praktis

Kelebihan yang pertama adalah pembuatan beton lebih praktis karena tidak lagi menggunakan tenaga manusia melakukan diaduk menggunakan alat khusus. Efeknya ialah pembuatan adonan lebih cepat sehingga waktu penggarapan lebih efektif. 

Efektifitas waktu yang dimaksud memang luar biasa dibandingkan jika membuat adonan beton secara manual. Bahkan jika proyek yang dikerjakan cukup besar pembuatannya bisa sampai berhari-hari. 

Maka dari itu, wajar untuk pembangunan pabrik, rumah sakit, perusahaan dan ruko lebih bagus memilih adonan siap tuang daripada yang manual. Apalagi bagi usaha hunian yang ingin pembangunan proyeknya cepat selesai. 

2. Bisa Menghemat Tenaga

Kelebihan ready mix berikutnya adalah bisa menghemat tenaga para pekerja karena tidak perlu mengaduk adonan lagi. Sebab material beton sudah dibuat menggunakan mesin Batching Plant.

Para pekerja sendiri tinggal menuangkannya saja pada struktur bangunan yang akan menggunakan adonan tersebut. Sedangkan untuk pengirimannya menjadi tugas dari pekerja perusahaan penyedia produk. 

Artinya pihak pekerja hanya menunggu produk dikirimkan saja. Bahkan jika menggunakan truck molen, para pekerja tinggal meratakan karena yang menuangkan langsung dari truck tersebut. 

3. Lebih Menghemat Biaya

Kelebihan berikut menggunakan ready mix yaitu bisa menghemat biaya hingga beberapa persen. Sebab, pemilik proyek atau arsitek tidak perlu menambah pekerja untuk melakukan pengadukan. 

Jumlah pekerja yang ada sudah cukup toh tugasnya hanya menuangkan dan meratakan saja. Sedangkan untuk pengadukan atau produksi material beton langsung dari pihak penyedia layanan. Harga ready mix akan jauh lebih murah dibanding kita mengaduk sendiri.

Related Post

Nah, ini merupakan alasan pemilik proyek perumahan menggunakan adonan beton siap pakai dibandingkan yang lain. Karena setelah proyek yang dibuat sudah laku tentu keuntungannya lebih besar karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. 

4. Pengerjaan Konstruksi Lebih Cepat

Kelebihan yang berikutnya menggunakan ready mix adalah pengerjaan konstruksi beton lebih cepat dibandingkan yang manual. Sebab, yang namanya tenaga mesin tentu jauh lebih berenergi dan bertenaga dibandingkan tenaga manusia.

Umumnya jika menggunakan produk ini untuk 5 kubik material bisa diselesaikan selama satu hari saja. Padahal jika diaduk oleh pekerja bisa memakan waktu hingga beberapa hari. 

Maka dari itu, jika ingin proyek cepat selesai silakan pilih produk Ready Mix saja. Dijamin ada efektifitas waktu yang cepat sehingga pembangunan proyek bisa rampung tepat waktu. 

5. Kualitas Lebih Terjamin

Dari segi kualitas material adonan siap tuang juga memiliki mutu sedikit lebih bagus dibandingkan yang diaduk secara manual. Bahkan ada yang mengatakan daya rekatnya mencapai 100% yang membuat beton akan terlihat lebih kokoh. 

Hal ini disebabkan oleh penggunaan mesin yang mampu bekerja secara efektif dan detil. Bahkan pengadukan benar-benar konsen karena basis energinya adalah teknologi bukan tenaga kasar. 

Kualitas ini sejatinya penting apalagi untuk pembuatan material beton untuk bangunan. Karena jika mutunya rendah dikhawatirkan beton akan roboh yang bisa membahayakan para pekerja dan penghuni di dalamnya. 

Kekurangan Ready Mix

Sekalipun banyak kelebihan ready mix, pastilah material beton siap tuang ini juga memiliki kekurangan. Sekalipun jika dilakukan perbandingan lebih transparan maka jumlah kelebihannya jauh lebih banyak. 

Di bawah ini dijelaskan tentang kelemahan-kelemahan tersebut yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda untuk menggunakan material atau sebaliknya. Silakan disimak ini kekurangan-kekurangan yang dimaksud:

1. Penuangan Harus Sesegera Mungkin

Kekurangan material Ready Mix yang pertama ialah penuangan harus dilakukan secepat mungkin karena yang namanya material beton tidak bisa didiamkan dalam waktu lama. Untuk per-truk biasanya durasi daya tahan beton adalah 2 jam saja. 

Baca juga: Beton Precast Untuk U Ditch, Keunggulan dan Manfaatnya dalam Konstruksi

Maka dari itu, ketika produk sudah datang maka pekerja harus langsung menuangkannya ke struktur bangunan. Karena jika lewat dari waktu di atas pasti beton akan liat dan tidak bisa digunakan. 

Tentunya teknik ini membuat pekerja sedikit bekerja lebih keras. Maka dari itu, wajar kalau pemilik proyek merekrut pekerja yang fresh, memiliki otot yang bagus serta bisa bekerja dengan konsentrasi tinggi. 

2. Tempat Produksi Terbatas

Kekurangan partisi Ready Mix yang berikutnya ialah tempat produksi material masih sangat terbatas. Bahkan di Indonesia yang memiliki mesin pengaduk hanya ada di beberapa daerah saja. 

Ini yang membuat pemesanan kadang terhambat apalagi jika proyek yang akan dibangun jauh dari lokasi perusahaan penyedia material. Tentunya pengiriman riskan dilakukan karena produk sendiri memiliki batas waktu tertentu. 

Selain itu, dengan keterbatasan ini pemilik proyek harus selektif dalam memilih perusahaan jasa. Karena dikhawatirkan terjebak pada pengusaha produk yang justru tidak berkualitas. 

Itulah penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan Ready Mix. Nah jika tertarik untuk menggunakan produk ini silakan hubungi CV. Mitra Solusi Konstruksi. Penyedia beton siap tuang yang paling bagus di Indonesia. 

Lodys Aura

Share
Published by
Lodys Aura

Recent Posts

Mengenal Tari Kecak Lewat Sejarah dan Fakta-Fakta Uniknya

Berbicara tentang Bali, maka harus sepaket dengan tari kecak di dalamnya. Siapa yang tidak tahu…

2 minggu ago

Instalasi Listrik Dengan Wago Pluggable Connector Vs Konvensional, Mana Yang Lebih Baik?

Instalasi listrik menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah proyek infrastruktur seperti bangunan…

2 bulan ago

Kenali Kepribadian Seseorang

Siapa saya? ini adalah pertanyaan penting bagi setiap individu. Jika seseorang meluangkan waktu untuk menggali…

2 bulan ago

Waspada Terhadap Agen Perjalanan Palsu

Agen Perjalanan Palsu - Kegembiaraan Anda saat menikmati liburan dapat terganngu karena ulah agen perjalanan…

4 bulan ago

emain Terbaik Liga Champions Musim 2020-2021, Siapa Dia?

Pemain Terbaik Liga Champions tentunya terdiri dari deretan nama-nama yang terkenal dengan kemampuannya yang menonjol.…

4 bulan ago

Peluang Bisnis Online di Masa Pandemi, Mudah dan Menguntungkan

Peluang Bisnis Online - Pandemi Corona atau COVID-19 tidak selalu menjadi ancaman bagi para ibu…

4 bulan ago