Daftar 5 Klub Eropa Teratas dengan Hutang Terbanyak

Klub Eropa Teratas – Pandemi COVID-19 berdampak signifikan terhadap keuangan klub sepak bola. Bahkan beberapa klub papan atas Eropa terlilit hutang yang cukup besar.

Hutang dapat menyebabkan masalah bagi klub. Klub yang tidak dapat mengelola hutang mereka memiliki risiko kebangkrutan yang sangat tinggi.

Untuk menghentikan utang tumbuh lebih lanjut, klub telah memotong gaji para pemainnya. Bahkan ada klub eropa teratas yang harus menjual pemain topnya.

Ternyata tim sebesar Manchester United memiliki hutang yang cukup banyak. Namun, ada klub Eropa teratas lainnya yang hutangnya menggunung.

Berikut Daftar 5 Klub Eropa Teratas dengan Hutang Terbanyak

Barcelona

Barcelona telah menjadi klub yang sangat flamboyan di bursa transfer dalam beberapa tahun terakhir. Mereka membeli pemain seperti Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann dengan harga selangit

Sayangnya, investasi Barcelona tidak membuahkan hasil sehingga mereka kini memiliki beban keuangan yang berat. Klub Catalan saat ini berhutang €1,35 miliar.

Di tengah kesulitan keuangan yang melanda klub, Barcelona tak bisa leluasa bergerak di bursa transfer. Mereka lebih memilih mengincar pemain bebas dan menggunakan pemain asal La Masia untuk memperkuat roster.

AC Milan

AC Milan tampil sangat baik di musim 2021/22. Tim asuhan Stefano Pioli berhasil merebut gelar Serie A dengan mengalahkan rival sekota Inter Milan.

Padahal, Milan merupakan salah satu klub Eropa teratas yang memiliki utang cukup banyak, yakni 666 juta euro. Selain pandemi, utang besar Rossoneri adalah karena manajemen klub yang buruk dan kebijakan transfer yang tanpa tujuan.

Meski utang menggunung, masa depan Milan masih terlihat cerah. Pasalnya, Rossoneri baru saja diambil alih oleh RedBird Capital Partners.

Juventus

Juventus adalah klub Italia lain yang menghadapi masalah keuangan yang serius. Ada beberapa keputusan buruk yang dibuat oleh Bianconeri dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pembelian Cristiano Ronaldo.

Adanya pandemi COVID-19 semakin mempengaruhi kondisi keuangan Juventus. Utang wanita tua itu berjumlah 900 juta euro tahun ini.

Selain masalah keuangan, kesuksesan Juventus di lapangan juga mulai menurun. Tim Massimiliano Allegri mengakhiri musim 2021/22 tanpa meraih gelar.

Tottenham

Daniel Levy menjalankan Tottenham dengan pedoman yang sangat ketat. Mereka jarang menghabiskan banyak uang di bursa transfer.

Kendati demikian, Spurs 2022 rupanya memiliki utang sebesar 826 juta euro. Salah satu faktornya adalah membangun stadion baru yang memakan biaya besar.

Tottenham saat ini diasuh oleh Antonio Conte. Harry Kane dan rekan-rekannya siap bermain di Liga Champions musim depan untuk mendongkrak pendapatan klub.

Inter Milan

Akibat krisis finansial, Inter Milan terpaksa menjual pemain andalannya dengan harga tinggi musim lalu. Achraf Hakimi dijual ke PSG dan Romelu Lukaku diserahkan ke Chelsea.

Namun, penjualan kedua pemain ini tampaknya tak berdampak positif bagi keuangan Inter. Kini Nerazzurri masih memiliki utang 702 juta euro.

Meski keuangan Inter sedang tidak bagus, anak asuh Simone Inzaghi mampu meraih kesuksesan musim ini. Lautaro Martinez dan rekan-rekannya memenangkan Piala Super Italia dan Piala Italia.

Tampaknya pandemi Covid-19 memang membawa dampak yang sangat menyeluruh bagi dunia olahraga, ekonomi, politik dan juga pariwisata.

Demikian ulasan tentang Daftar 5 Klub Eropa Teratas dengan Hutang Terbanyak, yang bisa anda simak dan jika anda berminat dengan berita dan informasi sepak bola lainnya kunjungi situs https://kampusbola.id/.

Baca Juga: [Baru] 4 Cara Membuat Kamar Kos Kedap Suara Termudah