Berita Maluku Terkini, Pendidikan di Maluku

Lodys Aura

Lodys Aura

Berita Maluku Terkini, Pendidikan di Maluku

Indonesia adalah negara yang termasuk ketinggalan dalam hal pendidikan. Maka dari itu, Berita Maluku kali ini akan membahas perihal pendidikan di Maluku. Tujuannya agar masyarakat paham betapa pentingnya pendidikan bagi kehidupan masyarakat Maluku dan Indonesia.

Pemerintah kota Ambon nampaknya memfokuskan diri pada pendidikan. Pemerintah tentunya sadar, jika pendidikan adalah sebuah hak bagi masyarakat Maluku yang ada. Maka dari itu, harus ada realisasi dari proses pendidikan oleh pemerintah daerah.

Pemerataan Guru, Solusi Masalah Pendidikan di Maluku

Pembahasan pertama tentang pendidikan di Maluku adalah mengenai pemerataan guru. Guru adalah sumber daya manusia yang penting bagi pergerakan pendidikan sebuah daerah. Maka dari itu, guru harus disebar secara merata. Tujuannya adalah agar setiap generasi muda yang ada di daerah (apalagi yang terpencil) mendapatkan proses pembelajaran.

Menyadari akan hal ini, dikutip dari radiodms.com, pemerintah provinsi Maluku siap melaksanakan pemerataan guru. Hal itu demi berjalannya proses pendidikan yang menyeluruh dan tentunya berimbas pada semua generasi muda yang ada di Maluku.

Tindakan ini tentu sangatlah tepat, namun juga membutuhkan kerja keras. Karena daerah terpencil juga memiliki tantangan sendiri dalam hal pendidikan. Entah itu kurangnya semangat ataupun kurangnya guru yang berkenan terjun ke tempat yang terpencil.

Maka dari itu, perlu banget bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi secara masif terhadap guru dan generasi muda untuk saling menyisihkan waktu agar bisa melaksanakan proses pendidikan. Hal itu adalah suatu kebutuhan bagi bangsa dan negara.

Kesediaan Guru Menjadi Prioritas

Banyaknya generasi muda yang ada di Maluku menjadi sebuah tantangan bagi pemerintah kota Maluku, terutama dinas pendidikan dalam hal menyiapkan guru. Kesediaan guru adalah sebuah prioritas. Karena tanpa guru, proses pendidikan tidak akan bisa berjalan.

Maka dari itu, berbagai upaya digencarkan demi menciptakan guru-guru berkualitas. Entah itu dalam bentuk membuat beasiswa pada siswa yang berprestasi, sosialisasi, dan lain-lain. Semua langkah akan diambil pemerintah untuk mencukupi persediaan guru yang ada.

Fakta itulah yang menyebabkan pendidikan menjadi satu hal yang sangat penting untuk diupacakan dan diperhatikan. Kita tidak boleh menyepelekan pendidikan. Karena proses menyepelekan pendidikan artinya menyepelekan nasib bangsa ke depannya.

Pendidikan di Maluku Tidak Boleh Tertinggal

Dilansir dari radiodms.com, pendidikan di Maluku tidak boleh tertinggal. Karena Maluku adalah sebuah daerah yang memiliki potensi yang sangat besar. Sehingga jika pendidikan tidak maksimal dilakukan, maka potensi itu bisa saja diambil oleh orang lain.

Maka dari itu, arti dari pendidikan yang sesungguhnya di Maluku adalah proses meluaskan lapangan pekerjaan bagi generasi muda. Sehingga Maluku tidak lagi tertinggal dari sektor apapun, termasuk pendidikan.

Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas pendidikan pasti akan terus berjuang untuk menegakkan semangat belajar dan mengajar. Sehingga pendidikan di Maluku benar-benar bisa berjalan dengan baik dan profesional.

Karena jika pemerintah tidak ikut ambil andil besar, maka pendidikan tidak akan bisa berjalan dengan baik. Pemerintah adalah promotor dari pendidikan di suatu daerah. Jika pemerintah tidak memperhatikan atau enggan memperhatikan pendidikan, maka lambat laut pendidikan di suatu daerah pasti akan tenggelam.

Mencakup Bidang Seluas Mungkin

Pendidikan di Maluku diharapkan bisa mencakup banyak sektor yang ada di Maluku. Hal ini adalah sebuah proses persiapan agar generasi muda bisa mengelola negerinya sendiri.

Pendidikan pada hakikatnya berfungsi untuk membangun masyarakat. Maka dari itu, percuma jika sebuah memiliki wilayah yang luas dan potensi yang besar, jika tidak ada sumber daya manusia yang memanajemennya.

Jangan sampai, beberapa sektor penting di Maluku diambil alih oleh asing. Hal itu sangatlah bahaya karena bisa menghancurkan lapangan pekerjaan. Maka dari itu, satu-satunya cara agar hal itu tidak terjadi dalam proses edukasi yang dilaksanakan secara masif di Maluku.

Dengan pendidikan, diharapkan generasi muda Maluku bisa mengelola potensi alam negeri mereka sendiri. Mulai dari sektor pariwisata, laut, hingga hasil bumi. Sehingga dengan pendidikan, mereka bisa mendapatkan kesejahteraan di masa nanti.

Baca juga: Daftar Wisata Pantai Labuan Bajo dan Sekitarnya yang Terkenal Sampai Ke Mancanegara

Pada pendidikan pula, edukasi tentang bencana dilaksanakan. Kita tahu, Maluku adalah sebuah daerah yang memiliki banyak gunung berapi. Sehingga bencana kapanpun bisa terjadi. Salah satu cara tindakan preventif adalah edukasi bencana.

Sehingga ketika sewaktu-waktu bencana itu datang, mereka sudah tahu caranya. Bagaimana berlindung, bagaimana melarikan diri, dan bagaimana menyelamatkan diri dan keluarga mereka dari bencana yang terjadi.

Penutup

Pada dasarnya, diharapkan pendidikan tidak hanya berjalan di Maluku saja, akan tetapi di seluruh wilayah Indonesia. Masih banyak daerah yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, maka dari pendidikan adalah satu sektor yang harus diperhatikan.

Demikian sekilas informasi mengenai berita Maluku mengenai pendidikan di Maluku. Semoga dengan pendidikan, masyarakat Maluku dan Indonesia semakin sejahtera dan bisa memaksimalkan potensi yang ada di daerahnya.

Comments are disabled.