pengertian seo off page

Pengertian SEO Off Page dan Faktor-faktornya yang Perlu Diketahui

Selain SEO on page, keberadaan SEO off page tentu sudah sangat familiar bagi pemilik blog maupun marketer digital. Adapun SEO manfaatnya dapat menaikkan traffic dan ranking website pada mesin pencarian.

Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik website yang ingin tujuan pengoptimalan blog untuk penghasilan lebih. Masalah pengertian SEO off page tentu saja beda lingkupnya dengan yang on page.

Sementara, jenis SEO ini memiliki faktor penting keberadaannya dalam website. Konteks penggunaan SEO off page bukan pada struktur konten tetapi di luarnya seperti backlink dan lain-lain.

Apa Pengertian SEO Off Page?

seo off page adalah
Sumber gambar: FruityLOGIC Design

Sebuah proses yang dikerjakan oleh web master untuk mengoptimalkan website dan dikerjakan diluar website utama merupakan pengertian dari SEO off page. Upaya ini dilakukan agar masalah website peringkatnya anjlok dapat dinaikkan.

Teknik SEO off page ini juga sangat disarankan untuk para pemilik website baru yang belum memiliki banyak peminat. Sebab dalam pencarian dengan persaingan keyword yang padat akan sulit muncul dalam 5 halaman pertama hasil pencarian.

Oleh karena itu penting untuk gunakan teknik SEO off page ini supaya ranking di Google pencarian lebih meningkat.

Apa Saja Faktor-faktor Optimasi SEO Off Page dalam Meningkatkan Website?

Semua faktor-faktor optimasi SEO off page yang bisa memberikan pengaruh besar pada website dengan memperhatikan penggunaannya. Dibawah ini beberapa di antaranya:

1. Kualitas Backlink

Pengertian SEO Off Page
source: Alexa

Link website yang disisipkan dalam website lain itu yang disebut dengan backlink. Ada beberapa ciri backlink dikatakan berkualitas yaitu topiknya yang sama dengan di website lain, reputasinya, keaktifannya serta penempatan backlink, umur dan bahasa yang sama.

Selain itu juga dipengaruhi penempatan backlinknya. Semakin tepat penggunaannya maka semakin yang dikatakan berkualitas backlink tersebut. Jadi penting sekali untuk memperhatikan penyisipan atau meletakkan backlink pada website maupun artikel konten.

Ada beragam cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkan backlink. Mulai dari membangun konten layak, guest post, hingga mendapatkan backlink gratis yang dapat Anda coba. Pilihan yang lainnya yang juga dapat anda gunakan adalah dengan memanfaatkan jasa backlink.

Namun untuk opsi yang terakhir, anda disarankan untuk memilih jasa backlink yang mengerti dengan baik perihal link building, agar skema backlink yang dibangun terlihat natural di mata Google.

2. Jumlah Backlink

Tidak dibenarkan kalau mengatakan bahwa semakin banyak jumlah backlink maka semakin optimal website. Padahal sebenarnya bukan demikian sebab Google lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitasnya. Oleh karena itu, disarankan kalau ingin menyisipkan backlink harus beriringan dengan kualitasnya.

Maka dari itu perlu di pertimbangkan kembali jika website mendapatkan backlink dari yang reputasinya hancur. Sebab hal ini tidak akan bisa pengaruh positif pada website. Jadi utamakan memikirkan kualitasnya terlebih dahulu dibandingkan kuantitas yang ditawarkan. Apalagi mengingat pengertian SEO off page adalah proses mengoptimalkan website.

3. Anchor Text

Pembuat artikel konten pasti tidak asing lagi dengan anchor text ini. Anchor text memiliki posisi penting dalam SEO. Keberadaannya link yang disisipkan pada keyword jadi semakin mudah dideteksi oleh mesin pencari Google.

Hanya saja, sayangnya memakai anchor text yang sama dengan jumlah yang banyak atau berulang tidak bisa memberikan efek positif lebih pada website. Jadi disarankan untuk memakai anchor text yang berbeda.

4. Keragaman Backlink

Faktor pengaruh optimalisasi SEO off page berikutnya juga pada keragaman blacklink. Walaupun disarankan agar dapat mengoptimalkan website menggunakan berbagai jenis blacklink bukan berarti harus memakai semuanya dalam satu waktu.

Alasannya karena kurang efektif untuk mengoptimalkan website dengan penggunaan berbagai macam blacklink.

Kriteria dari Google sendiri bahkan hanya melihat satu jenis backlink dalam website. Untuk itu perlu diperhatikan agar keberadaan SEO off page memberikan manfaat perhatikan keragaman backlink yang dipakai.

Tidak hanya faktor yang dipaparkan di atas, ada juga faktor reputasi sosial, aktivitas sosial dan faktor personal. Semuanya ini tentu berkaitan dengan pengertian SEO off page sebagai alat untuk mengoptimalkan website. Jadi penting juga untuk dipertimbangkan sebelum menggunakan backlink.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai pengertian seo off page dan beserta faktor pentingnya. Semoga ulasan singkat ini dapat bermanfaat untuk anda yang tengah belajar SEO. Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti blog ini, agar anda tidak melewatkan artikel informatif lainnya dari kami mengenai optimasi SEO. Terima kasih telah membaca.