5 Perbedaan Jam Digital dan Analog yang Penting untuk Diketahui

5 Perbedaan Jam Digital dan Analog yang Penting untuk Diketahui

Ada dua jenis jam yang sering digunakan, yakni jam analog dan jam digital. Meskipun memiliki fungsi yang sama, tampilan kedua jam ini sedikit berbeda. Oleh karena itu banyak yang penasaran dengan perbedaan jam digital dan analog. Lalu, mana jam yang lebih baik?

Jam analog dan jam digital sering menjadi perdebatan mengenai mana yang lebih bagus. Jam analog dan jam digital sama-sama populer dan dipakai di seluruh dunia. Untuk menghilangkan rasa penasaran, artikel kali ini akan membahas mengenai jam tangan digital dan jam tangan analog.

Perbedaan Jam Digital dan Analog

1. Mekanisme

Jam mempunyai jenis dan tipe berbeda-beda. Ada jam tangan, jam dinding, dan jam meja yang disesuaikan dengan penggunaannya. Ada beberapa perbedaan jam digital dan analog, salah satunya adalah mekanismenya.

Jam analog adalah jam yang penunjukan waktunya berjalan dengan struktur mekanis. Cara kerja mekanisnya menggunakan pegas yang menggerakkan balance wheel.

Sementara untuk jam digital, digerakkan dengan struktur elektronik, waktunya ditampilkan dalam LCD (liquid crystal display) dan LED. Pada jam analog, tenaganya diambil dari berbagai sumber, seperti sumber tenaga dari matahari, baterai dan putaran rotor jam. Untuk jam digital, mirip jam kinetik, sumber tenaganya diambil dari baterai atau tenaga matahari.

2. Fitur yang Tersedia

Perbedaan jam digital dan analog terletak pada fiturnya juga, bahkan perbedaan fiturnya sangat besar. Jam analog mempunyai keterbatasan fitur karena dibuat dengan mekanisme yang hampir manual.

Biasanya fitur dalam jam analog hanya dapat melihat waktu, kalender, ada juga kompas manual. Untuk jam analog yang lebih modern mempunyai fitur anti air.

Karena digerakkan secara elektronik, jam digital fiturnya lebih lengkap, bahkan kebanyakan lebih mirip komputer kecil. Jam digital selalu memiliki fitur terbaru dari tahun ke tahun, mulai dari jam yang ditampilkan di layar LCD atau LED, kalender, kalkulator, kamera, telepon, fitur melihat pesan, bahkan sampai mengetahui detak jantung pemakainya.

Bahkan jam digital memiliki lebih banyak jenis, mulai dari jam digital masjid, dinding, dan meja.

3. Akurasi

Bagaimana perbedaan jam digital dan analog dilihat dari tingkat akurasinya? Pada produk seperti  jam tangan, tingkat akurasi sebetulnya tidak dapat dilihat dari digital atau analognya tetapi dilihat dari pergerakannya. Pada jam analog dengan teknologi quartz akan 99,99% lebih akurat daripada jam mekanik, walaupun harganya biasanya lebih ekonomis.

Jam analog dan digital yang memakai teknologi quartz pergerakannya lebih tepat (precise), karena itu bisa lebih akurat bila dibandingkan dengan jam yang tidak menggunakan quartz. Kebanyakan pengguna yang lebih memilih jam analog karena tampilannya lebih vintage dan penggunaannya sederhana.

4. Penjualan

Untuk menentukan jam jenis mana yang lebih populer dan lebih banyak terjual, tentu sekilas akan terlihat kalau jam digital lebih populer. Tetapi untuk pemilihan jenis jam, tergantung dari kepribadian pemiliknya dan budget. Jam dengan teknologi quartz mungkin harganya lebih murah, tetapi jam analog mekanis lebih prestise karena kesannya yang vintage.

5. Desain

Melihat perbedaan jam digital dan analog dari segi desain tentunya sangat mudah. Jam analog, baik yang quartz ataupun yang mekanik, dua-duanya mempunyai “clock face,” yaitu tampilan 12 jam dan menggunakan jarum jam sebagai penunjuk waktunya. Jam ini lebih dipilih oleh pengguna yang menyukai tampilan klasik, vintage dan desain yang timeless.

Desain jam digital biasanya mempunyai desain yang lebih modern dan futuristik, Jam ini umumnya dipilih oleh pengguna muda yang menginginkan produk simple dan modern. Teknologi digitalnya yang selalu update membuat jam digital disukai oleh para penyuka barang-barang berteknologi canggih.

Walaupun perbedaan jam digital dan analog adalah klasik dan modern, tetapi keduanya mempunyai kelebihannya masing-masing. Dalam segi harga, jam analog mekanik dari merk terkenal akan mempunyai nilai jual kembali yang tinggi, sehingga dapat dijadikan barang investasi. Sementara jam digital lebih fleksibel, bisa dipadupadankan dengan fashion sporty, casual, bahkan untuk formal.