Beberapa Perbedaan Jersey Dan Spandek Yang Banyak Disalahpahami Orang

Lodys Aura

Lodys Aura

Perbedaan Jersey Dan Spandek

Tidak dimungkiri masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui perbedaan jersey dengan spandek. Padahal keduanya tidak memiliki unsur identik sama sekali alias tidak memiliki kemiripan sedikitpun. 

Karena alasan tersebut, di bawah ini akan dijelaskan tentang perbedaan jersey dan spandek. Siapa tahu, dengan adanya artikel ini pemahaman kalian tentang keduanya bisa semakin tepat. Ini ulasan selengkapnya:

Apa Itu Baju Jersey dan Spandek?

Perbedaan Jersey Dan Spandek
Gambar oleh Keith Johnston dari Pixabay

Sejatinya, perbedaan baju bola dengan spandek terletak pada bahan kainnya. Sekalipun demikian, tidak dimungkiri kalau bahan kain tersebut memang umum digunakan para desainer pemula maupun yang profesional. Biasanya dua bahan ini dibuat juga oleh produsen jersey custom dan baju syari. 

Bahan kain jersey dan spandek sejatinya sangat populer di masyarakat. Bahkan dibandingkan jenis kain yang lain, bahan kain ini yang paling banyak menjadi pilihan ketika ingin menyablon baju dengan desain sendiri. 

Salah satu alasan mengapa masyarakat suka dengan dua bahan ini, karena ada kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahan lain. Salah satunya, ialah kain lebih halus dan jika sudah disematkan warna, warna akan terlihat lebih terang bahkan mengkilap. 

Sekalipun memiliki kelebihan yang sama, perbedaan antara keduanya ternyata masih sangat mencolok. Hal ini bisa dilihat dari karakteristik yang bisa digunakan sebelum mulai menggunakan bahan. 

Karakteristik Kain Jersey

Ada beberapa karakteristik dari kain jersey yang membedakannya dengan kain spandek. Karakteristik yang pertama ialah, bahan tidak berbulu dan memiliki ketebalan yang lebih kental. Selain itu kain juga elastis sehingga baju tidak mudah berubah bentuk. 

Karena adanya karakteristik di atas, maka kain baju bola sering digunakan untuk kaos atlit olahraga. Baik untuk kaos jenis fit body maupun untuk kaos yang longgar seperti yang sering dipakai oleh atlit bola basket. 

Karakteristik berikutnya ialah memiliki tekstur yang sangat ringan sehingga mudah menempel pada tubuh. Bahkan, menurut para pemakai, bahan kain ini memiliki kesejukan jika digunakan. Apalagi jika disematkan rongga udara di dalamnya. 

baca juga: Belajar Online Efektif atau Tidak? Berikut Plus & Minus-nya

Karakteristik Kain Spandek

Kain spandek memiliki karakteristik berbeda dengan kain jersey sepak bola. Salah satu perbedaannya ialah benang spandek tidak bisa dibuat secara tunggal melainkan harus digabungkan dengan benang jenis yang lain. 

Selain itu kain spandek dianggap kain yang mampu meregang hingga 500%. Sehinga bisa dipastikan kalau digunakan dalam waktu lama, kain pasti berubah bentuk menjadi bertambah melar atau longgar. 

Hal ini disebabkan oleh jenis serat yang dipakai kain spandek. Yang mana, serat tersebut telah dicampur dengan berbagai serat tambahan seperti polyster dan rayon. Nah akibat campuran tersebut, kain ini memiliki kelebihan di sisi serap keringat. 

Namun, ini tidak 100% memiliki daya serap yang bagus. Semuanya ditentukan oleh serat yang digunakan termasuk serat apa yang menjadi bahan pendukungnya. Oleh sebab itu, jangan sembarang memilih kain spandek. 

Bahan kain spandek sejatinya juga digunakan untuk membuat kaos olahraga. Tetapi untuk olahraga khusus seperti baju renang dan baju untuk senam maupun aerobik. Hal ini disebabkan oleh kemampuan lekat bahan di tubuh yang begitu tinggi. 

Perbedaan Kain Jersey dan Kain Spandek

Nah, jika sudah diketahui tentang pengertian dan karakteristik kain jersey dengan spandek, berikut ini akan dijabarkan tentang perbedaan keduanya. Silakan disimak ini perbedaan yang dimaksud:

Perbedaan yang pertama ialah kain jersey memiliki ketebalan yang lebih tinggi. Maka dari itu, dari segi penggunaan kain spandek memiliki bobot yang lebih ringan.

Perbedaan yang kedua ialah kain kaos bola akan terlihat jatuh saat dikenakan. Tentu ini berbeda dengan kain spandek yang saat digunakan memiliki daya lekat yang bagus dan menempel erat pada tubuh. 

Sejatinya bahan kaos bola dan kain spandek memiliki daya elastis yang tinggi. Hanya untuk spandek daya elastisnya sangat luar biasa hingga 500%. Maka dari itu, ada potensi kain ini akan berubah bentuk jika digunakan dalam waktu yang lama. 

Perbedaan yang terakhir ialah kain baju bola dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan kain spandek. Sebab dari segi daya tahan, masih lebih bagus jersey costum. Apalagi jika baju akan digunakan untuk bermain olahraga. 

Itulah perbedaan jersey dengan kain spandek yang perlu diketahui oleh kalian. Nah, jika sudah dibaca dan dipahami, silakan tentukan pilihan apakah ingin bahan kaos bola atau bahan spandek. 

Comments are disabled.