SEO On Page Adalah Teknik Optimasi Website! Ini Penjelasan Lengkapnya!

Sebagai blogger, webmaster, ataupun pemasar online. Mengoptimalkan blog atau website menjadi pekerjaan WAJIB.

Ini disebut sebagai SEO atau Search Engine Optimization. Jadi, sebagai pemula pasti banyak yang mencari ‘SEO on page adalah?’, ‘apa itu SEO?’, ‘cara agar website peringkat Google?’ dll.

Jadi, untuk mendapatkan halaman yang baik di Google. Ada banyak rangkaian pekerjaan SEO yang perlu diperhatikan. Secara garis besarnya:

  • SEO on-page
  • SEO off-page
  • SEO teknis

Pada artikel ini, kita akan fokus membahas teknik SEO On Page. Mari ikuti penjelasan lebih lengkapnya berikut:

SEO On Page adalah….

Pasti masih banyak yang bingung dengan istilah satu ini, apalagi jika belum pernah bergelut dalam dunia blog atau website.

SEO On page adalah teknik SEO yang digunakan untuk optimasi halaman dalam situs Anda. Tujuannya, agar mesin pencari (Google) dapat dengan mudah melakukan crawling dari halaman ke halaman lain di situs Anda.

Lalu, Google akan menempatkan di halaman yang tepat, hingga berada di peringkat teratas Google. Ini sesuai dengan target kata kunci apa yang sedang Anda optimasi.

Karena, apabila sudah muncul di pencarian teratas maka akan banyak yang mengunjunginya. Dengan seperti itu akan membuat blog atau website tersebut mendapatkan keuntungan.

Ini tergantung dengan tujuan website dibuat, mulai dari:

Untuk keuntungan yang didapat bisa berupa uang yang lumayan besar. Maka dari itu, banyak sekali yang menggunakan teknik SEO On Page tersebut.

Namun, untuk menggunakan teknik ini tidak secepat apa yang dibayangkan. Pasalnya, harus melalui cara-cara tertentu dan tidak hanya dalam sekali percobaan saja.

Pekerjaan ini meliputi banyak hal. Mulai dari optimasi halaman, konten, hingga link dalam situs. Dari pekerjaan tersebut, Anda akan menghasilkan halaman, konten post yang lebih SEO friendly.

Kita mulai saja…

Cara Optimasi

SEO On Page Adalah Teknik Optimasi Website
source: vividblogger.com

Untuk cara optimasi sendiri bisa menggunakan berbagai metode yang sudah disediakan. Metode di bawah ini akan memungkinkan artikel tersebut dapat menjadi sebuah artikel yang SEO.

Gunakan cara-cara berikut untuk dapat optimasi SEO On Page dengan mudah:

  • Identifikasi kata kunci yang ingin digunakan. Baik itu untuk suatu halaman ataupun artikel blog post. Gunakan teknik riset keyword untuk hasilkan target yang tepat.
  • Sertakan kata kunci di: Judul, Sub heading, awal konten, dalam konten dan link konten.
  • Buatlah konten yang menarik serta berkualitas, karena pengunjung pasti akan membuka sebuah konten yang memiliki daya tarik serta informatif.
  • Gunakan judul yang dapat mengundang perhatian, jangan gunakan judul yang “Clickbait” atau judul tidak sesuai dengan isinya.
  • Blogger juga bisa menambahkan sebuah tag meta, tujuan dari tag tersebut adalah untuk menggambarkan halaman website yang dibuat tersebut.
  • Pakailah teknik heading dan subheading pada informasi yang hendak disampaikan, teknik ini akan lebih memudahkan pembaca dan lebih disukai karena lebih jelas.
  • Sisipkan juga gambar yang menarik serta relevan dengan isi dari artikel tersebut, karena dengan menggunakan gambar akan membuat peringkat optimasi menjadi naik.

Manfaat SEO On Page

Terdapat beberapa manfaat dari teknik SEO On Page ini, manfaat tersebut pasti akan dirasakan langsung oleh si pemilik blog.

Manfaat di bawah ini akan memberikan keuntungan bagi seorang blogger yang menggunakannya. Untuk lebih jelasnya lagi, mari ikuti uraiannya di bawah ini:

  • Sesuai dengan pengertiannya, bahwa teknik ini akan membuat website yang menggunakannya akan lebih optimal dalam bekerja.
  • Akan membuat website atau blog tersebut dapat muncul dalam pencarian teratas di pencarian Google, sehingga akan banyak pengunjungnya dan memberi keuntungan pada blog tersebut.
  • Bisa memudahkan untuk memasarkan sebuah blog, baik itu blog artikel, produk penjualan barang, maupun produk penjualan jasa.
  • Dapat membuat tampilan dari website tersebut lebih menarik, sehingga pasti akan banyak yang tertarik untuk mengunjunginya.
  • Bisa memudahkan pembaca atau pengunjung dalam melakukan pencarian informasi yang ingin didapatkannya.
  • Mudah dalam melakukan kontrol, sehingga tidak akan membuang waktu si pemilik blog.
  • Mampu menaikkan perangkat di mesin pencarian dengan cepat serta mudah.

Itulah beberapa pengertian apabila ada pertanyaan SEO On Page adalah? Sekilas jawabannya sudah tertera di atas. Mulai dari manfaat hingga cara untuk optimasi menggunakan teknik SEO On Page.

Blogger bisa menggunakan teknik ini, jika ingin websitenya berada di pencarian teratas.