Ini Dia 5 Tujuan Mengoptimalkan Blog [Dapat Hasilkan Uang]

Blog merupakan sebuah website yang difungsikan sebagai wadah bagi para penulis mempublikasikan karyanya.

Namun, menulis di blog tidak bisa hanya sembarang menulis. Diperlukan pengetahuan akan SEO untuk blog.

Blog SEO

Optimasi mesin pencari, atau search engine optimization (SEO) adalah rangkaian strategi yang perlu dilakukan untuk pengoptimalan situs web/posting blog.

Tujuannya utamanya adalah agar web/blog yang dioptimasi dapat berada di halaman 1 Google atau mesin telusur lain. Saat blog Anda dioptimalkan (SEO) – Anda membuat blog Anda akan lebih terlihat di mesin telusur.

Selain itu, apa saja sih tujuan mengoptimalkan blog?

Artikel ini akan membantu Anda. Memahami mengapa blog harus di optimasi, dan apa saja hal yang perlu dioptimasi.

Tujuan Mengoptimalkan Blog

Kita langsung mulai saja, daftar tujuan mengoptimalkan blog:

Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Poin ini merupakan jawaban utama dari tujuan mengoptimalkan blog. Benar, pengoptimalan blog bisa meningkatkan jumlah pengunjung. Poin ini adalah poin paling penting dan dari setiap pemilik blog. Itu karena jumlah pengunjung yang datang di blog bisa meningkatkan pendapatan pemilik blog.

Mengapa bisa demikian terjadi? Sudah jelas, dari seluruh kelengkapan pelayanan yang disajikan di blog, nilai akhir pengoptimalan adalah meningkatkan jumlah pengunjung menjadi lebih banyak.

Penampilan, informasi yang lengkap, bahasa yang tersusun, serta keamanan yang terjamin dinilai lebih dari cukup untuk membuat pengunjung tetap berlangganan. Sungguh nilai yang menguntungkan.

Memudahkan Pemilik Blog Mengatur Tampilan

Tampilan merupakan hal yang bisa dihitung utama dalam sebuah blog. Jenis tampilan dapat menunjukkan apa isi blog secara keseluruhan. Apabila tampilan blog mengambil tema dark, maka dapat ditebak setidaknya setengah topik yang dibicarakan adalah topik yang sedikit horor. Begitu juga dengan tema lain yang menyesuaikan pembawaan.

Dengan pengoptimalan yang dilakukan untuk blog, tentu pemilik blog dapat mengatur tampilan tersebut sesuka hati. Pengaturan dilakukan seluwes mungkin untuk memberikan kenyamanan penampilan. Ini merupakan sebuah keuntungan bagi pemilik blog yang mana bisa juga menjadi trik menarik pengunjung.

Mempercepat Pengunjung Blog Menemukan Informasi yang Dicari

Untuk blog yang sudah memiliki track record yang panjang, tentu memiliki catatan jurnal yang banyak pula. Meskipun tidak harus blog yang lama, namun blog yang memiliki pengurus rajin juga bisa memiliki banyak daftar artikel.

Apabila semua artikel tersebut tidak disusun melalui pengoptimalan blog, pengunjung akan sedikit kesusahan mencari informasi tersebut.

Benar, pengoptimalan blog yang dilakukan oleh pemilik blog bisa berefek baik bagi pengunjung. Daftar artikel dapat diatur sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa mencari tujuan artikel dengan mudah. Berangkat dari hal tersebut, pembaca akan senang dengan layanan tersebut sehingga memutuskan berkunjung kembali.

Mengembangkan Tampilan Pengguna Agar Semakin Menarik

Tidak hanya tampilan dari sudut pandang pemilik blog, pengunjung blog pun bisa merasakan tampilan yang berbeda. Maksudnya, ada sudut pandang di mana hanya pengunjung blog yang bisa merasakan ketertarikan akan tema dan artikel yang dibawakan. Apabila semakin baik tampilannya, tentu itu akan meninggalkan kesan yang baik dalam benak pengunjung blog.

Selain dari tampilan tema, tampilan pengguna juga bisa meliputi susunan menu dan pilihan yang tersaji. Meletakkan opsi penggunaan dalam blog dengan tepat siapa sangka bisa menjadi point menarik lainnya bagi pengunjung. Semua kemudahan yang tersaji tersebut bisa jadi memanjakan pembaca blog dan mungkin bisa bertahan lama jika berkunjung.

Membuat Blog Menjadi Lebih Aman

Blog tidak selalu menjadi tempat yang aman dari kejahatan cyber yang berserak di internet. Justru, blog merupakan salah satu sasaran empuk pelaku kejahatan internet melakukan aksinya. Bisa saja blog dijadikan tempat menyelundupkan virus, mengisi link berbahaya, atau tindakan negatif lainnya. Hal tersebut sangat meresahkan dan membuat kerugian.

Mengoptimalkan blog berarti juga meningkatkan blog dalam segi keamanan. Kinerja yang dibawa dari peningkatan blog tersebut bisa melindungi seluruh sudut blog semaksimal mungkin. Jadi, blog bisa terjaga dari kejahatan internet yang menyerang. Baik pemilik atau pengunjung blog bisa menjelajah secara bebas dan aman.

Lima poin di atas dirasa sudah cukup untuk merepresentasikan apa tujuan mengoptimalkan blog. Intinya, pengoptimalan dilakukan untuk meningkatkan jumlah keuntungan yang bisa dilakukan pemilik blog.

Tidak hanya dari sisi pemilik blog, hasil dari pengoptimalan juga bisa dirasakan oleh pengunjung. Jadi, kedua pihak sama sama mendapatkan nilai plus.