Instalasi Listrik Dengan Wago Pluggable Connector Vs Konvensional, Mana Yang Lebih Baik?

Instalasi listrik menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah proyek infrastruktur seperti bangunan kantor, rumah sakit, pusat perbelanjaan, rumah dan lainnya. Meskipun sebuah bangunan telah didesain dengan baik, namun jika pengaturan instalasi listriknya berantakan, maka nilai dari bangunan tersebut akan merosot tajam.

Oleh karena itu, pemasangan instalasi listrik bangunan kerap mendapatkan perhatian khusus oleh para developer ketika menggarap sebuah proyek pembangunan gedung.

Saat ini, teknologi instalasi listrik telah jauh berkembang dibandingkan dengan dulu. Saat ini telah mulai bermunculan teknologi instalasi yang menggunakan wago pluggable connector dalam aplikasinya atau yang juga dikenal dengan sebutan Pluggable electrical installation.

Namun apa perbedaan antara instalasi listrik menggunakan  pluggable connector ini?

Dan mana yang lebih baik antara Pluggable electrical installation dengan instalasi listrik konvensional?.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan mengenai hal ini secara gamblang kepada anda.

Apa Itu Wago Pluggable Connector?

Wago Pluggable Connector
Sumber gambar: wago.com

Dalam bahasa yang sederhana, pluggable connector ini dapat dijelaskan sebagai teknolog instalasi yang dikembangkan berdasarkan pendekatan “Plug and Play”. 

“Plug and Play”, apa itu?

“Plug and Play” yang dimaksud di sini adalah berkaitan dengan sistem pemasangan instalasi listrik. Pada pendekatan ini, instalasi listrik tidak dirangkai secara manual melainkan hanya dengan menyambungkan (mencolokkan) satu konektor dengan konektor lainnya.

Singkatnya, teknologi ini mempermudah pekerjaan instalasi listrik, dimana teknisi tidak perlu lagi melakukan langkah pemasangan yang merepotkan seperti memotong kabel dan menyambungkannya secara manual ke konektor.

Dalam hal ini, pluggable connector dan juga komponen lainnya umumnya telah disiapkan sesuai dengan aplikasi pemasangan yang direncanakan. 

Instalasi Dengan Wago Pluggable Connector Vs Konvensional

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai pluggable connector ini adalah mengenai kelebihannya. Jika harus membandingkan dengan pemasangan instalasi listrik konvensional yang dilakukan secara manual, pluggable connector menawarkan lebih banyak kelebihan. Adapun beberapa diantaranya seperti berikut:

Pemasangan cepat 

Salah satu pemasangan kelebihan paling utama yang ditawarkan oleh pluggable connector adalah proses pemasangan yang cepat. Channel Youtube Wago UK & Ireland sempat merilis sebuah video yang memperlihatkan perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk memasang instalasi listrik secara konvensional dengan yang menggunakan pluggable connector.

Dalam video tersebut terlihat jelas bahwa pemasangan instalasi listrik menggunakan pluggable connector dapat dilakukan lebih cepat.

Mencegah Kesalahan Instalasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya baha pluggable connector dan juga sejumlah komponen lainnya umumnya telah disediakan sebelum tahap pemasangan. Hal ini sangat efektif untuk mengeliminasi kemungkinan terjadinya kesalahan instalasi atau yang dikenal dengan istilah installation errors.

Penggunaan Wago Pluggable Connector di Indonesia

Di luar negeri, penggunaan pluggable connector dalam pemasangan instalasi listrik infrastruktur telah semakin banyak. Anda akan dapat menemukan dengan mudah sejumlah proyek yang memiliki teknologi instalasi listrik baru ini. 

Namun hal ini sedikit berbeda di Indonesia. Di Indonesia, penggunaan pluggable connector masih terbilang cukup sedikit. Meskipun terdapat beberapa bangunan infrastruktur di Indonesia yang menggunakan Pluggable electrical installation untuk instalasi listriknya.

Jika anda ingin menggunakan jenis instalasi listrik yang menggunakan wago pluggable connector. Anda dapat menemukan wago connector dan socket ini di sejumlah distributor wago seperti PT.Helix Elektrindo.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai Wago Pluggable Connector. Bagaimana pendapat anda mengenai teknologi instalasi listrik yang satu ini? Apakah anda lebih memilih instalasi listrik menggunakan pluggable connector atau tetap dengan yang konvensional?

Jangan lupa untuk mengikuti blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia teknologi. Terima kasih telah mampir dan juga membaca.