Sejak dulu orang lebih suka menggunakan septik tank karena dianggap praktis dan kapasitasnya besar. Tetapi penggunaan septik tank hanya menampung sajatidak mengolah limbah. Jadi, apabila Anda ingin memelihara lingkungan meskipun limbah yang dihasilkan besar, pasang saja Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL Komunal.

Untuk penggunaan jangka panjang sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping. IPAL akan memproses pengolahan limbah agar ketika dibuang tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. Dilihat dari segi harga juga berbeda, IPAL lebih mahal dan septik tank terbilang murah.

Jenis-jenis Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)

IPAL terdiri dari berbagai macam jenis disesuaikan dengan fungsinya, digunakan untuk kebutuhan pribadi ataupun kebutuhan umum. Seperti IPAL yang paling sering digunakan masyarakat adalah IPAL Komunal. Berguna menampung dan memproses limbah yang berasal dari rumah-rumah penduduk.

Jenis IPAL populer digunakan lainnya yakni IPAL Industri, IPAL Rumah Sakit, IPAL Laboratorium, IPAL Pabrik, IPAL Baja, hingga IPAL Perhotelan. Masing-masing jenis IPAL dipastikan dapat melindungi sanitasi lingkungan, utamanya dari pencemaran limbah dengan konsentrasi kimia.

IPAL Komunal juga tersedia untuk skala kecil yang kapasitas penampungannya kecil pula. Pada 1 rumah yang memiliki 6 orang anggota keluarga. Ada juga yang berskala besar mampu menampung limbah lebih dari 2 unit rumah. 

Apabila ditinjau dari segi pemerintah yang menyarankan pembangunan IPAL untuk penduduk juga memberi dukungan. Berupa dukungan moral dan materiil lewat berbagai program diberikan pada masing-masing daerah.

Bedanya Septik Tank Dengan IPAL Komunal

Septik tank adalah media penampungan akhir kotoran biologis manusia alias tinja. Bahan pembangunan septik tank terbuat dari baja kuat supaya kedap air. Sehingga, kotoran yang ditampung dari WC tidak mencemari lingkungan sekitar.

Desain septik tank berupa kolam bersekat, kedap air, ada beberapa ruangan, dan di tanam bawah tanah. Alasan masyarakat memilih septik tank karena harganya jauh lebih murah dan dianggap aman untuk lingkungan.

Namun, septik tank juga dapat bocor apabila besi pelapis nya digunakan selama bertahun-tahun. Akhirnya limbah dari tinja yang terkandung bakteri E-Colli mencemari tanah dan sumur.

Efek lain yang terasa dari kebocoran septik tank adalah aroma busuk yang menguak pada permukaan tanah. Sementara, sumur yang tercemar cairan septik tank airnya beraroma busuk dan berwarna coklat keruh. 

Apabila dikonsumsi atau menjadi air untuk mandi akan mengakibatkan masalah kesehatan besar. Perbandingan IPAL dengan septik tank jauh berbeda. Perbedaan signifikan dari limbah manusia yang tidak diolah dan melalui proses pengolahan. Septik tank seolah mengendapkan limbah begitu saja hingga membusuk.

Septik tank juga tidak membutuhkan perawatan khusus, cukup melakukan sedot septik tank dengan alat dan tangki khusus setiap beberapa tahun. Ironisnya, septik tank yang isinya tidak pernah disedot dapat meledak sewaktu-waktu ketika kelebihan muatan. Berbeda dari IPAL yang tidak perlu disedot, melainkan perlu dilakukan perawatan rutin setiap tahun.

Proses dan Prosedur Pembangunan IPAL Komunal

IPAL Komunal merupakan fasilitas umum yang wajib dibangun pada perumahan rakyat. Tentunya hal pertama yang dilakukan adalah menciptakan kesepakatan bersama antar tetangga, RT/RW, dan Lurah.

Setelah mencapai kata sepakat maka dapat mencari kontraktor untuk membangun IPAL. Persoalan biaya umumnya ditanggung bersama-sama dengan pembagian adil. Perlu juga melakukan survey teknis terkait pemilihan lahan untuk membangun fasilitas IPAL.

Barulah dapat membangun IPAL dan diiringi sosialisasi penggunaan hingga perawatan ke masyarakat setempat. Pendahuluan pembangunan dilakukan dengan penyusunan konstruksi IPAL Komunal

Bahaya Tidak Menggunakan IPAL Komunal

Air tercemar menjadi masalah besar di kehidupan. Manusia sendiri tidak dapat bertahan hidup jika tidak mengonsumsi air selama 3 hari. Air yang diminum dan untuk mandi juga harus higienis agar tidak menimbulkan penyakit.

Salah satu cara menghindari pencemaran air dari limbah yang dihasilkan manusia dengan membangun IPAL Komunal. Idealnya setiap perumahan rakyat memiliki IPAL untuk melindungi makhluk hidup lain dan lingkungan itu sendiri.

Terutama perumahan rakyat yang rata-rata mengandalkan konsumsi air sumur. Ketiadaan IPAL membuka potensi besar air sumur tercemar oleh berbagai limbah dari WC, kamar mandi, dan dapur.

Fakta yang terjadi di lapangan, banyak orang masih mempercayai hal-hal tradisional. Bahwa, tanah dapat memfiltrasi air deterjen dan air residu shampoo. Ternyata asumsi ini justru membahayakan ekologi, karena senyatanya air tanah justru langsung mengalirkan limbah dari rumah ke sungai.

Hasil yang tidak diinginkan adalah air sungai menjadi keruh, berlumpur, dan menimbulkan aroma tidak sedap. Oleh karenanya penggunaan IPAL Komunal menjadi rekomendasi terbaik hingga saat ini. 

Kinerja IPAL sendiri dapat memisahkan limbah kimia dengan limbah biologis. Selanjutnya diolah oleh bakteri dan mikroorganisme baik. Pada akhirnya limbah tersebut dapat dibuang ke saluran air tanpa membuat lingkungan tercemar.

Eksistensi IPAL yang bekerja sesuai standar juga memperbaiki sanitasi lingkungan. Ingat ada sederetan ancaman berbahaya jika perumahan penduduk tidak dibangun IPAL. Misalnya, berpotensi besar terpapar kuman, bakteri, dan virus bagi kesehatan tubuh maupun kulit.

Terutama limbah rumah tangga yang mengandung bakteri E-Coli menyebabkan penyakit typhus, diare, kolera, dan lain-lain. Beda kondisinya jika terpapar limbah kimia, penduduk setempat akan terkenal penyakit berat yang sukar disembuhkan seperti kanker dan tumor.

IPAL Komunal Rekomendasi Terbaik Toya Arta Sejahtera 

Kini banyak kontraktor menawarkan jasa pembangunan IPAL. Bahkan banyak diluar sana yang menggunakan ilmu marketing demi menggaet pelanggan. Supaya tidak tertipu, pilihlah jasa dan kontraktor IPAL dari Toya Arta Sejahtera.

Menawarkan pembangunan IPAL Komunal berkualitas dengan harga kompetitif. Beberapa layanan kontraktor lain yang tersedia yakni STP, WTP, WWTP. Pembangunan IPAL Komunal dilakukan oleh para ahli yang tergabung dalam tim khusus.

Melayani kebutuhan pembangunan IPAL untuk semua wilayah Indonesia. Informasi lebih lanjut segera kunjungi website resmi Toya Arta Sejahtera.