Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah melahirkan berbagai dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif, karena di satu sisi memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan, kemajuan dan peradaban manusia, namun di sisi lain menjadi sarana efektif perbuatan melanggar.

Teknologi informasi dan komunikasi juga telah mengubah perilaku dan pola hidup masyarakat secara global, dan menyebabkan dunia menjadi tanpa batas (borderless), serta menimbulkan perubahan di berbagai bidang. Perkembangan teknologi informasi berdampak pada revolusi bentuk kejahatan yang konvensional menjadi lebih modern.

Jenis kegiatannya mungkin sama, namun dengan media yang berbeda yaitu dalam hal ini internet, suatu kejahatan akan lebih sulit diusut, diproses, dan diadili. Kejahatan yang seringkali berhubungan dengan internet antara lain perjudian seperti togel live draw HK, poker online, dll. Yang dilakukan melalui internet (internet gambling).

Hukum Perjudian

Hal tersebut tidak lagi menjadi kejahatan konvensional saja, tetapi juga sebagai kejahatan yang dapat dilakukan melalui kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi dalam hal ini melalui penyalahgunaan media.  Proses pembuktian tindak pidana perjudian melalui internet di pengadilan sangat membutuhkan pendekatan teknis karena bukti bukti yang ditemukan dapat berupa bukti elektronik yang masih belum diakui oleh hukum acara (KUHAP).

Sistem pembuktian yang dianut oleh KUHAP yaitu sistem pembuktian menurut undang undang secara negatif, yang merupakan perpaduan sistem pembuktian. Alat bukti dimaksud adalah website penyelenggara perjudian melalui internet, E-mail serta sms peserta judinya, keterangan saksi dan keterangan ahli di bidang teknologi.

Tujuan pembuktian dalam proses persidangan pada kasus bagi jaksa penuntut umum merupakan suatu usaha meyakinkan hakim melalui alat-alat bukti yang ada. Agar terdakwa dalam hal ini penyelenggara dan pelaku perjudian melalui internet, dapat dinyatakan bersalah sesuai dakwaan jaksa.

Pembuktian dalam proses persidangan pada kasus perjudian melalui internet bagi hakim merupakan dasar untuk memberikan pertimbangan hukum dalam memutus suatu perkara.

Sedangkan bagi terdakwa sendiri merupakan usaha untuk menyakinkan hakim melalui alat-alat bukti yang ada agar terdakwa itu dapat dibebaskan dari hukuman atau dilepaskan dari segala tuntutan atau setidak-tidaknya dapat memperoleh keringanan apabila terbukti bersalah dan dijatuhi putusan.  Dengan demikian, pembuktian terbukti sangat penting dalam menentukan putusan hakim termasuk pada kasus perjudian melalui internet (internet gambling) ini.

Pembuktian merupakan titik sentral pemeriksaan perkara dalam sidang pengadilan. Selain alat bukti, barang bukti juga merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembuktian pada suatu tindak pidana tidak terkecuali tindak pidana perjudian melalui internet (internet gambling).

Ada beberapa kendala dalam menemukan alat bukti tersebut, karena adanya ketentuan Pasal 43 ayat (3) dan ayat (6) Undang-Undang ITE, yang menyatakan bahwa penggeledahan dan/atau penyitaan sistem elektronik serta penangkapan dan penahanan pelaku cyber crime harus dilakukan atas izin dari Ketua Pengadilan Negeri setempat dalam waktu satu kali dua.

Ketentuan di atas merupakan suatu hal yang sulit untuk diwujudkan, karena tidak dimungkinkan mendapatkan surat izin dari Ketua Pengadilan Negeri setempat untuk melakukan hal termaksud dalam waktu yang sangat singkat itu.  Oleh karena itu ketentuan di atas menjadi sebuah kendala dalam menangani kasus agak sulit seperti perjudian Live Draw HK melalui online. Walaupun demikian, polisi akan tetap mengejarnya hingga kasus terungkap.